Murung Raya

SEKILAS KABUPATEN MURUNG RAYA

Kabupaten Murung Raya adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota kabupaten ini terletak di Puruk Cahu. Wilayah Kabupaten Murung Raya di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat dan Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur dan Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara, sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Kahayan Hulu Utara Kabupaten Gunung Mas dan Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara dan Kecamatan Kapuas Hulu Kabupaten Kapuas. Luas wilayah Kabupaten Murung Raya 23.700 Km2 yang terbagi menjadi lima kecamatan dan dua desa/kelurahan.

Jenis tanaman pangan dan hortikultura yang banyak terdapat di Kabupaten Murung Raya adalah padi sawah, padi ladang, jagung, ubi kayu, ubi jalar, kacang kedelai, kacang tanah dan kacang hijau. Konstribusi subsektor tanaman pangan dan hortikultura ini terhadap PDRB sektor pertanian pada tahun 2004 sebesar 5,51%. Komoditi hasil pertanian yang memiliki potensi antara lain Jagung, Kedelai merupakan komoditas bahan baku industri pengolahan susu kedelai, tahu dan tempe yang sekarang menjadi makanan rakyat yang sangat populer, dan Ubi Kayu yang juga memiliki prospek yang cerah untuk dikembangkan yang bisa tumbuh di berbagai media tanah kering. Buah-buahan merupakan komoditas yang cukup penting. Beberapa jenis buah-buahan telah dibudidayakan secara tradisional dan terbatas oleh penduduk Kabupaten Murung Raya, dengan produksi musiman. Jenis tanaman buah-buahan yang dominan terdapat di daerah ini adalah durian, rambutan dan cempedak.

Di sektor Perkebunan, yang berkembang seluruhnya masih berupa perkebunan rakyat. Jenis komoditas perkebunan yang terdapat di Kabupaten ini adalah karet, kelapa, cengkeh, kopi, lada, kakao, jambu mete, kelapa sawit dan kemiri. Dari beberapa komoditas perkebunan tersebut, yang sudah banyak diusahakan oleh masyarakat Kabupaten Murung Raya adalah karet, kelapa dan kopi.

Bahan galian yang telah dan sedang menjadi primadona bagi Kabupaten Murung Raya sekarang ini adalah Batubara, Emas dan Intan. Konstribusi sektor pertambangan dan penggalian terhadap PDRB Kabupaten Murung Raya mencapai 23,99%. Batubara merupakan jenis bahan tambang potensial yang ditemukan di Kabupaten Murung Raya.

Potensi bahan tambang di Kabupaten ini terdiri dari : (1) tipe lignit dengan potensi sumberdaya terkira sekitar 60,6 juta ton; (2) tipe termal dengan potensi sumberdaya terkira sekitar 22,2 juta ton; (3) tipe premium atau semi-coking dengan potensi sumberdaya terkira sekitar 866,3 juta ton. Lokasi potensi bahan tambang Batubara tersebut terdapat di Kecamatan Tanah Siang, Permata Intan, Sumber Barito dan Laung Tuhup.

Sumber Data:

Kalimantan Tengah Dalam Angka 2005

(01-8-2007)

BPS Kalimantan Tengah