Kepala Daerah

BUPATI

Periode 2008 – 2013


Ir. Willy M. Yoseph, MM

Adalah Putra Daerah Asli Murung Raya lahir di Puruk Cahu 46 Tahun silam tepatnya pada tanggal 01 Mei 1960 dari seorang ayah Midel Yoseph ( Alm ) mantan anggota DPRD Kabupaten Barito Utara beberapa kali periode dan Pensiunan PNS, Ibu Liana Lawing ( Dayak Siang ), Willy Anak ke 5 dari 11 bersaudara, sejak kecil ia dibesarkan dalam lingkungan “Adat Istiadat Suku Dayak Siang” sehingga melahirkan kepribadian yang sangat kental dengan adat istiadat “Tana Malai Tolung Lingu”, Willy fasih berbahasa daerah Murung Raya seperti : Bahasa Siang, Otdanum, Murung, Bakumpai, Banjar, Kutak Dayak Ngaju, Kahayan dan Kapuas.

Suami dari Ibu Netty Susanto (40 Tahun) yang lahir di Jakarta (Suku Jawa) dikaruniai 4 (empat) orang putra/putri yaitu : 1) Purca Rio Sebastian Putra Willy Yoseph (7 tahun), lahir di Jakarta, 2) Billa Aurajelita ( 5 tahun), lahir di Jakarta, 3) Saritha Putri Murung Raya (3 tahun) lahir di Surabaya dan 4) Sansana Ruth Putri Willy Yoseph (2 tahun) lahir di Palangka Raya.

Memulai Pendidikan Dasar di Sekolah Dasar Negeri ( SDN ) Putra Puruk Cahu sampai kelas V, pindah mengikuti orang tua yang bertugas di Kecamatan ( Camat ) Sumber Barito, tahun 1973 menamatkan Sekolah Dasar (SD) di Tumbang Kunyi. Pada Tahun 1974 melanjutkan ke SMPN Puruk Cahu tamat tahun 1976, karena ingin mendapatkan sekolah yang berkualitas kemudian melanjutkan ke SLTA di SMAN 3 Banjarmasin tamat tahun 1980, Gelar Sarjana (Ir) Kehutanan di raih dari Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) Banjar Baru “Program Studi Teknologi Hasil Hutan” pada tahun 1985 dengan hasil memuaskan. Pada tahun 1993 melanjutkan Pendidikan Program Pasca Sarjana pada Sekolah Tinggi Manajemen PPM di Jakarta. Tamat pada tahun 1995 dengan hasil sangat memuaskan dan menyandang gelar Magister Manajemen (MM).

Sejak tamat dari Fakultas Kehutanan mulai meniti karir di dunia usaha (swasta) mulai dari bawah pada beberapa perusahaan HPH dan industri perkayuan mulai di Ambon, Mangole, Sorong, Manokwari, Biak, Jayapura, Sabulusalam, Sinabang, Medan, Sibolga, Manado, Tarakan, Pontianak, Jakarta, Palangkaraya dan Muara Teweh

pada tahun 1987 mulai mencoba melirik dunia politik, bergabung dengan DPD Golkar Maluku, pada tahun 1999 resmi bergabung menjadi Anggota PDI Perjuangan Jakarta Barat dan pada tahun 2000 bergabung menjadi fungsionaris struktural partai pada DPD PDI-Perjuangan Kalimantan Tengah sebagai Wakil Sekretaris. Tahun 2001 dipercaya menakhodai DPC PDI Perjuangan Barito Utara di Muara Teweh karena terpilih sebagai Ketua Partai periode 2001 – 2006 dan pada bulan Desember 2002 direkomendasikan menjadi Calon Tunggal untuk menjadi Kepala Daerah Murung Raya Tahun 2003 – 2008.

Tekad yang dicanangkan adalah membangun Murung Raya agar setara dengan Kabupaten maju lainnya yang ada di nusantara ini, juga mengupayakan agar masyarakat Murung Raya Sejahtera dan maju di segala bidang kehidupan dan pembangunan.