Listrik Mikro Hidro

MURUNG RAYA POTENSIAL KEMBANGKAN LISTRIK MIKRO HIDRO

Jumat, 12 Februari 2010

(Berita Daerah- Kalimantan) Wilayah Kabupaten Murung Raya (Mura) Kalimantan Tengah yang banyak mempunyai air terjun, sangat potensial dikembangkan menjadi sumber energi listrik atau pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH).

“Sejumlah desa banyak memiliki potensi air terjun yang dapat dimanfaatkan menjadi energi listrik”, kata Wakil Bupati Murung Raya, Nuryakin di Puruk Cahu, Jumat.

Menurut Nuryakin, energi listrik PLTMH itu sebagian sudah dikembangkan terutama di sejumlah desa pedalaman, namun kapasitasnya masih kecil hanya untuk kebutuhan masyarakat setempat.

Untuk pengembangan ke depan, kata dia, pihaknya perlu melakukan studi kelayakan dengan melihat potensi yang ada, apalagi kabupaten paling pedalaman Sungai Barito ini bertofografi berbukit-bukit.

“Kita harapkan energi listrik ini dapat dikembangkan khususnya untuk desa-desa yang berada di pedalaman”, katanya.

Nuryakin mengatakan, saat ini pihaknya telah memiliki PLTMH di Desa Datah Koto Kecamatan Tanah Siang yang dibangun 1997 lalu yang kondisinya sudah mulai karatan karena dimakan usia.

Sarana itu, kata dia, sudah dilakukan perbaikan diantarannya pipa yang bocor, alat penggerak seperti turbin dan peralatan lainnya dengan kapasitas 20 kilo volt amper (KVA) yang mampu menerangi rumah warga di desa setempat.

“Untuk mengelola sarana listrik itu kita serahkan kepada warga setempat, karena pengoperasiannya tidak terlalu besar biayanya” katanya.

Direncanakan tahun 2010 ini pihaknya membangun PLTMH di Desa Saruhung Kecamatan Tanah Siang, selain itu di Desa Muro yang memiliki air terjun dengan potensi listrik berkekuatan 300 KVA.

Pemerintah kabupaten di pedalaman Kalteng yang kaya akan sumber daya alam berupa batu bara, emas dan kayu ini juga tahun ini memprogramkan pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) guna mengatasi krisis listrik dengan memanfaatkan potensi batu bara di daerah ini.

“Untuk memanfaatkan potensi tambang batu bara itu, mulai tahun ini pemerintah daerah akan membangun pembangkit listrik dengan bahan baku batu bara”, kata Nuryakin.(if/IF/ant)